Home » » Sabang Kota Tujuan Wisata, Dinas Budpar Akan Melaksanakan Even Bertaraf Internasional

Sabang Kota Tujuan Wisata, Dinas Budpar Akan Melaksanakan Even Bertaraf Internasional

MOKI ,  Sabang-Parawisata merupakan program andalan Pemerintahan Kota Sabang beberapa tahun terakhir, upaya kebijakan ini dilakukan agar penghasilan pendapatan masyarakat dapat meningkat dan oleh karena itu Wisata Kuliner menjadi salah satu andalan mendongkrak perputaran ekonomi rakyat menghadapi krisis Global yang berkepanjangan. Dinas Kebudayaan dan Parawisata akan melaksanakan even-even yang bertaraf Internasional
 
Pemerintah Daerah Kota Sabang melalui Dinas Kebudayaan dan Parawisata yang bekerja sama dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM secara bersama–sama kini melakukan persiapan infastruktur bagi pedagang kaki lima dan menempatkan mereka pada suatu tempat sehingga pemerintah dalam mendata dan memberikan bantuan berupa bantuan langsung maupun tidak langsung dapat lebih terarah.
 
Dengan tertibnya para pedagang maka keindahan kotapun dapat dinikmati oleh para turis lokal yang sering berkunjung ke Sabang disaat hari libur, dan kini tidak lagi sulit mencari makanan yang diinginkannya, seperti yang telah ada sekarang ini Pusat jajanan Selera Rakyat (Pujasera) yang ada di Pasairan Kuta Timur Kecamatan Sukakarya.
  
Pelaksana Harian Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Sabang Mariani. Spd, MM ketika ditemui Kabarinvestigasi mengatakan, Salah satu Program dari Dinas Parawisata di tahun 2011 adalah dalam hal memeperkenalkan Kota Sabang sebagai tujuan Wisata yang Aman dan nyaman, pasalnya Parawisata di kota Sabang kini telah termasuk dalam 29 daerah tujuan wisata Indonesia yang sudah diregristrasi di Kementrian Kebudayaan dan Parawisata.

Dijelaskan, sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang ada di Indonesia maka Dinas Kebudayaan dan Parawisata akan melaksanakan even-even yang bertaraf Internasional diantaranya, even Sabang Internasional Regata atau dengan kata lain pertunjukan (swow) kapal kapal layar, setelah itu even Sheell Sabang, dan untuk bulan mei yang akan datang dilaksanakan kejuaraan sepeda gunung yang melibatkan para atlet balap sepeda Regional, Nasional dan Internasional.

“ Untuk menyambut HUT Kota Sabang akan dilaksanakan kejuaraan Fishing (lomba memancing) dan Win surving “

Ditambahkan, mengenai program kebudayaan tahun ini pihak Dinas Budpar akan melaksanakan Parade musik disetiap hari sabtu sore di Arena Sabang Fair, kegiatan ini bertujuan menampung para pemusik group Band yang kini lagi maraknya dikalangan anak remaja, diharapkan dengan tertampungnya minat dan kreasi musik para remaja dapat menanggulangi kenakalan remaja khususnya pemakaian Miras/Narkoba dan sekaligus dapat menghibur masyarakat serta wisatawan yang berkunjung ke Sabang, agar mereka lebih serius menekuni bidang musiknya maka pihak Disbudpar akan mengundang group Band dari Ibukota untuk tampil di Kota Sabang, ujar Mariani.

Mariani juga mengatakan beberapa faktor yang dapat mengembangkan Parawisata di Kota Sabang dan salah satunya adalah mengenai akomodasi, jumlah kamar yang ada baik di Hotel maupun Penginapan lainnya sekarang ini berjumlah 432 kamar, dan untuk yang  memenuhi standat Internasional belumlah keseluruhan kamar. Untuk itu perlu adanya Hotel yang berbintang tiga agar segala Strata dapat tertampung.

Dalam hal wisata Kuliner Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM telah melaksanakan penyediaan tempat sehingga para pedagang kini telah tertib, dan untuk macam ragam masakan yang punya cita rasa khususpun ada di Sabang seperti sate gurita, mie kocok yang tidak sama rasanya dengan daerah yang ada di Indonesia, ada juga ragam Snack kue Bak Pia dan dodol rasa jahe, sirsak, dan macam rasa yang telah dikenal oleh wisatawan lokal maupun Internasional, papar Mariani.       

Mengenai Souvnir atau Handy Card Mariani juga menjelaskan, kerajinan rakyat  berupa piranti Kelapa bagi para wisata lokal maupun internasional yang telah berkunjung ke Sabang sangat mudah didapat,  kerajinan piranti dari batang kelapa berbagai macam jenis dapat dipesan sesuai selera para wisatawan dan untuk mendapatkan berbagai jenis barang Souvnir Handy Card Batang kelapa pihak Dekranas selaku koordiator kerajinan rakyat siap menerima pesanan wisatawan maupun pengusaha luar daerah.   Tiopan. AP
Share this article :

Post a Comment

 
Support : HOME | KARIR | REDAKSI
Copyright © 2011. KabarInvestigasi - All Rights Reserved
Published by KabarInvestigasi
Proudly powered by KRISTIANTO