Home » , » Wakil Walikota Buka Sabang Mountain Bike Champion Ship 2011

Wakil Walikota Buka Sabang Mountain Bike Champion Ship 2011

MOKI,  Sabang-Wakil walikota Sabang Islamuddin ST yang juga Ketua KONI Kota Sabang secara resmi membuka Kejuaraan Balap Sepeda Gunung Tingkat Nasional ‘Sabang Mountain Bike Open Championship 2011’ jumat 20/05 di lokasi Sabang Fair dan dikatakan, hendaknya kejuaraan ini dapat menjadi kalender tetap tahunan PB ISSI pada kelas Balap Sepeda Gunung, sebab kejuaraan ini salah satu program dari Kementrian Kebudayaan dan Parawisata mempromosikan Sabang sebagai salah satu daerah tujuan wisata Nasional 

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sabang menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda Gunung atau dengan kata lain ‘Sabang Mountain Bike Open Championship 2011’ dan akan berlangsung mulai tanggal 20-22 Mei yang pesertanya  dapat dipastikan diikuti ratusan pembalap dari Pengprop ISSI se Indonesia juga termasuk peserta dari luar negeri.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sabang, Yusfa Hanum ketika ditemui  Kabarinvestigasi mengatakan, Dalam kejurnas Balap Sepeda gunung ada beberapa kelas yang akan diperlombakan, MTB Down Hill, MTB Cross Country, MTB On The Road, dan Fun Bike, sementara jumlah peserta yang telah mendaftar ke panitia lebih dari tiga ratus orang antara lain pada kelas kelas Down Hill 26 pembalap, Cross Country 32 pembalap, On The Road 53 pembalap, dan 220 peserta fun bike. Total Hadiah yang diperebutkan Rp 150 juta, dan tambahan door prize, dan grand prize.

Diterangkan, para peserta dari berbagai Pengprov ISSI telah hadir seperti dari Sumatra Utara (Sumut), Jawa, Banten hingga Pengprov Papua siap mengikuti kejuaraan ini, begitu juga denga peserta dari Luar Negeri pembalap dari Brunei, Belanda, dan Australia. 

Hasil Hari Pertama

Pembalap asal Pengurus Kota Aceh Tengah mencatat hasil gemilang pada Kejuaraan Nasional Balap Sepeda Gunung dengan  merebut 15 kemenangan pada sejumlah kelas, dalam kelas Cross Country (XC) yang dikuti 14 peserta, bikers Aceh Tengah Wiwin Mustaqim berhasil memasuki garis finis diurutan pertama.

Langkah Wiwin disusul pembalap Aceh Tengah lainnya, Iwan Tanmiko, Alzikri, serta Briptu Aidi yang masing-masing menduduki urutan kedua hingga keempat. Sementara bikers Aceh Selatan berada di urutan kelima. Satu pembalap cilik asal dataran tinggi Gayo, Fahmi (12) juga meraih prestasi cukup mengesankan dengan bercokol di urutan keenam.

Pada kelas XC Women kembali bikers Gayo menyabet gelar atas nama Fitri Diana sebagai juara tunggal sementara Rekan sedaerah Zupita tidak masuk kategori karena kelas ini hanya diikuti dua peserta, di kelas XC kembali tiga pembalap Gayo meraih prestasi pada kelas Down Hill Men Under 19 atas nama Syahrial, siswa Sekolah Sepeda Bandar Penawa, Johor Malaysis, dan Ashabul Yamin (13), serta Zikri Fitra. Selain turun di Kejurnas, ketiga biker cilik ini juga ambil bagian di kelas Down Hill (DH). Hasilnya, Syahrial lagi-lagi menjadi yang terbaik, disusul Mude Angkasa, dan si cilik Ashabul Yamin.

Kelas DH Women Open pembalap Riau Nurhidayah Afriani (asal Aceh Tengah) kini telah menjadi Atlet Pengprov Riau meraih juara pertama, Isna Dewi yang juga Riau rekan sedarerah Nurhidayah merebut posisi kedua. Juara ketiga diraih Erna Yanti dari Bireuen.

Selanjutnya pada kelas XC Women Under, Isna Dewi berhasil meraih juara pertama dan Putri Diana Aceh Tengah urutan kedua serta Soni asal Riau meraih juara ke tiga,   sementara itu di kelas XC Master, juara pertama diraih Sugeng (Malang), Amir M (Riau), Irwansyah (MBS Medan), Endik S (BCC ISSI Medan), dan Irwansyah (MBS Medan). Pada kelas XC Elite, juara pertama diraih biker Malang, Fanani. Sedangkan, kelas Elite Women, gelar juara disabet pembalap asal Belanda, Lieselotte van Hofwagen.

Pembalap Banten dan MBS Sumut raih prestasi

Pengprov ISSI Banten dan Medan Bike Shope (MBS) berhasil meraih prestasi gemilang dalam kelas MTB On The Road, bikers asal Banten berhasil menjuarai kelas Men Elite dan Men Under. Sementara, pembalap MBS berjaya di kelas Master.

Pembalap asal Banten di kelas MTB On The Road berhasil menyapu juara diawali dari garis start oleh Lukman yang menjadi andalan Pengda ISSI Banten langsung melejit ke depan dan terus memimpin hingga akhir finis sepanjang 75 kilometer dan meraih juara pertama, posisi kedua direbut pembalap Banten lainnya Andri Nugraha yang terpaut tiga detik dari Lukman, urutan ke tiga Adi Pendi asal Riau, urutan ke empat WIM Top Gun dan diurutan ke lima kembali ditempati Bikers Banten.

Di Kelas Men Under 19, pembalap Banten kembali berjaya meraih juara pertama atas nama Wisnu, khusus pada nomor ini start nya dilakukan di Jaboi Kecamatan Sukayaya, jarak antara Jaboi dan Sabang Fair sekitar 30 kilometer, tambahan gelar dari kelas MTB On The Road ini membuat Banten menambah daftar kemenangan setelah sebelumnya menjuarai kelas XC Men Under 19 dan beberapa posisi di kelas XC Elite dan DH Elite.

Medan Bike Shope (MBS) asal Sumut menguasai kelas Master atas nama Irwansyah sebagai juara pertama, selanjutnya pada urutan ke dua Budi dan keempat Ridwan yang juga MBS Sumut kembali meraih juara, posisi ketiga direbut Sugianto (Win Top Gun),  diurutan kelima Atlet Aceh Asala Aceh Timur berhasil mengungguli pembalap Sumut.

Kelas Women Open Dian Afri Yani MBS Sumut meraih juara pertama, dan Riau menempatkan 3 atletnya sebagai juara atas nama Nur Wahyu Afriana urutan kedua, Noviana urutan ketiga dan Isna Dewi urutan keempat. (Tiopan. AP)
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Poskan Komentar

 
Support : HOME | KARIR | REDAKSI
Copyright © 2011. KabarInvestigasi - All Rights Reserved
Published by KabarInvestigasi
Proudly powered by KRISTIANTO