Home » » KPUD Pati, Ajukan Banding

KPUD Pati, Ajukan Banding

MOKI, PATI - KPU Pati kesulitan melaksanakan putusan PTUN Semarang atas gugatan yang diajukan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Imam Suroso-Sujoko. Karena itu, pihaknya memutuskan untuk menempuh jalur banding ke PTUN Surabaya.

Kepastian tersebut disampaikan anggota KPU Endro Jatmiko, kemarin. Mengingat, putusan PTUN Semarang Nomor 24/G/2011/PTUN.SMG bertanggal 15 Agustus berstandar ganda.

Dalam amar putusan, Surat Keputusan KPU Pati Nomor 40 Tahun 2011 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati bertanggal 4 Juni 2011 dinyatakan batal demi hukum. Pada sisi lain, gugatan penggugat terkait dengan penundaan pelaksanaan pilkada ditolak hakim.

’’Putusan itu sulit dilaksanakan. Tidak ada perintah pilkada ditunda atau diulang, tetapi justru menolak permohonan penggugat terkait dengan penundaan. Jadi, kami putuskan untuk banding," tegasnya.

Selama upaya hukum tersebut berjalan, pihaknya tetap melaksanakan tahapan pilkada putaran kedua. Sejauh ini belum ada perubahan jadwal pelaksanaan putaran kedua, yakni pemungutan suara tetap dilaksanakan pada 10 September.

Kendati KPU selaku tergugat diberikan waktu 14 hari untuk mengajukan banding, Endro belum memastikan kepastian harinya. Namun, secara prinsip upaya hukum tersebut tetap diambil.

"Putusan ini belum memiliki kekuatan hukum tetap karena kami akan menempuh banding. Jadi, tidak serta-merta setelah ada putusan PTUN Semarang, Pilkada Pati diulang," tegasnya.

Kabar pengulangan pilkada santer tersiar ke masyarakat sejak putusan gugatan tersebut dibacakan hakim di PTUN Semarang. Agar tidak menjadi informasi keliru, pihaknya berharap, masyarakat lebih tenang dan tidak begitu saja menerima kabar tersebut.(H49-57) sumber www.suaramerdeka.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : HOME | KARIR | REDAKSI
Copyright © 2011. KabarInvestigasi - All Rights Reserved
Published by KabarInvestigasi
Proudly powered by KRISTIANTO