Home » » Iswardi Lamsyeh Pimpin KPA Wilayah Sabang dan Pulau Aceh

Iswardi Lamsyeh Pimpin KPA Wilayah Sabang dan Pulau Aceh

MOKI,  Sabang-Sejak dilakukan perdamaian antara Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan pihak bertikai yaitu Gerakan Aceh Merdeka (GAM), pada tahun 2005 silam, ketua Komite Peralihan Aceh (KPA) untuk wilayah Sabang dan Pulau Aceh Besar sudah dipimpin oleh tiga pimpinan diantaranya, Izil Azhar alias Ayah Merin, Abdurrahman Husen alias Sido dan Iswardi Lamsyeh alias Cut Is.

KPA adalah organisasi mengantikan nama yang sebelumnya GAM, penggantian nama organisasi tersebut tertuang dalam perjanjian RI-GAM pada 15 Agustus 2005 lalu di Helsingki. Dengan sebutan KPA maka di Aceh tidak ada lagi GAM di Aceh. Kini ketua PA Pusat Muzakir Manaf, kembali menggantikan ketua wilayah Sabang dan Pulo Aceh kabupaten Aceh Besar. 

Pimpinan KPA pusat Muzakir Manaf atau yang biasa disapa Mualem, melantik ketua KPA baru Iswardi Lam Syeh alias Cut Is, menggantikan ketua sebelumnya Abdurrahman Husen alias Sido. Abdurrahman Husen sendiri, menjabat sebagai ketua KPA wilayah Sabang dan Pulau Aceh, hanya sesaat tidak diketahui alasan pencopotan Sido.

Demikian juga ketika organisasi ini, menggantikan Izil Azhar yang menjabat sebagai Panglima sekaligus ketua KPA wilayah Sabang dan Pulo Aceh kabupaten Aceh Besar sebelumnya. Izil Azhar yang kerap dipanggil Ayah Merin merupakan sosok tokoh pejuang GAM daerah Sabang pada saat Aceh masih konflik.

Pengangkatan Iswardi Lemsyeh sebagai Ketua KPA Wilayah Pulo Aceh-Sabang tersebut tertuang dalam surat Keputusan KPA Pusat Nomor 096/KPA/IV/2012 tanggal 7 April 2012, dalam lampiran surat itu ketua KPA pusat Muzakir Manaf/Mualem juga mengucapkan terima ksih kepada ketua KPA sebelumnya.

Ucapan terima kasih Mualem kepada Abdurrahman Husaen sesuai surat KPA Pusat Nomor 095/KPA/IV/2012 yang telah memimpin organisasi KPA dan menjalankan tugas dengan baik sekaligus surat pemberhentian Abdurrahman Husain Nomor 092/KPA/IV/2012.

Ketua KPA wilayah Sabang dan Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar yang baru dilantik Iswardi Lamsyeh mengatakan, pengangkatan dirinya sebagai Ketua KPA Wilayah Sabang dan Pulau Aceh yang baru merupakan amanah yang harus dijalankan dengan sebaik- baiknya demi memajukan organisasi, terutama bagi mantan kombatan  dan memperbaiki seluruh komponen yang terlibat didalamnya.

“Sebenarnya pelantikan dan penggantian dalam sebuah lembaga atau organisasi seperti ini sudah biasa tetapi juga bukanlah hal yang harus dibanggakan, karena ini merupakan amanah yang harus dijalankan dengan baik, serta memberi yang terbaik pula kepada masyarakat”., kata Iswardi Lamsyeh dalam kompresi Pers yang digelar Sabtu (13/5) di Sabang.

Menurut Iswardi Lamsyeh, untuk mewujudkan keiinginan organisasi dan masyarakat diperlukan dukungan dan kepercayaan dari semua pihak, dengan harapan seluruh unsur dan kalangan termasuk pihak Pers, terutama jajaran KPA agar roda organisasi tersebut bisa dijalankan sebagaimana harapan seluruh rekan- rekan KPA di lapangan dan masyarakat Sabang pada umumnya.

“Kita semua adalah saudara jadi sangat tidak baik jika antara sesama saudara saling menjauhi apalagi bermusuhan. Saya menginginkan agar semua jajaran KPA merapatkan barisan dan bersatu padu untuk membangun negeri ini dengan menjunjung tinggi perdamaian. Artinya harapan MoU Helsinki dapat terealisasi dengan sempurna sehingga kesejahteraan di bumi Aceh akan tercapai”., ucapnya.

Dalam kesempatan tersrebut ia menuturkan rasa terimakasih sebesar-besarnya pada seluruh jajaran terutama sekali kepada mantan ketua KPA sebelumnya, yaitu saudara Abdurrahman Husen, yang selama ini telah mendukung dan menjaga nama baik KPA dalam wilayah Sabang dan Pulau Aceh kabupaten Aceh Besar.

Secara khusus sebagai Ketua KPA yang baru Iswardi Lamsyeh menyebutkan bahwa pihaknya secara penuh akan mendukung dan mengawal proses pemilukada Kota Sabang yang damai,aman dan demokrasi pada putaran kedua yang akan berlangsung pada 14 Juni 2012 mendatang.

Iswardi Lamsyeh meminta kepada seluruh anggota KPA dan masyarakat Sabang, agar dapat melajalankan kewajiban berdemokrasi dengan baik pada Plkada putaran kedua mendatang.  Agar pemilihan kepala daerah nanti dapat berjalan dengan sukses, aman, damai dan rukun.

“Mari kita bersama-sama menjaga proses Pemilukada putaran kedua di Kota Sabang dengan baik, semoga dengan kita sesama KPA saling menjalankan tugas sesuai yang diamanahkan KPA pusat, kiranya masyarakat daerah ini juga akan membantu untuk memenangkan Partai Aceh (PA)”., Iswardi Lamsyeh berharap. ( Tiopan. AP )
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : HOME | KARIR | REDAKSI
Copyright © 2011. KabarInvestigasi - All Rights Reserved
Published by KabarInvestigasi
Proudly powered by KRISTIANTO