Festival Menongkah di Inhil Dikukuhkan Sebagai WBTB

BERITA LAIN:


Tanahmerah.kabarinvestigasi.com. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengkukuhkan Festival Menongkah Inhil sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Pertama di Kabupaten Inhil oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.
                
Penyerahan sertifikat WBTB Kemedikbud RI dilakukan pada saat penyelenggaraan Festival Menongkah Tahun 2018 di Pantai Bidari, Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Senin (13/8/2018) siang.

7 (Tujuh) Duplikat sertifikat penghargaan diberikan kepada perwakilan masyarakat, yakni Kepala Desa Tanjung Pasir, Kepala Desa Tanjung Melayu, Kepala Desa Sungai Laut, Ketua Yayasan Duanu, Kepala Desa Panglima Raja, Kepala Desa Sungai Bela dan Lurah Concong.
Setelah menyerahkan duplikat sertifikat, Bupati dalam sambutannya mengatakan, Dirinya begitu bangga sekaligus senang atas sertifikasi Festival Menongkah di Kabupaten Inhil.

“Tidak semua daerah yang mendapatkan penghargaan ini. Saya bangga, bahagia sekaligus senang,” tukas Bupati.

Dia menyatakan, Festival Menongkah memang layak dijadikan sebuah warisan budaya. Alasannya, bisa dilihat dari segi lokasi penyelenggaraan yang tergolong unik, yakni di pantai dengan hamparan pasir nan indah di tengah lautan.
“Bahkan, ini dapat di bilang sebuah keunikan dunia. Waktu penyelenggaraan juga tidak bisa di sembarang waktu, ada waktu tertentu, tepatnya pada saat air mengalami surut,” jelas Bupati.

Demi kelestarian Festival Menongkah sebagai warisan budaya, Bupati meminta kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Inhil selaku leading sector untuk melakukan pengembangan, terutama dalam hal fasilitas di lokasi penyelenggaraan.

“Selain itu, tolong turut sertakan juga Kecamatan – Kecamatan lain dalam Festival Menongkah, seperti Kecamatan Concong salah satunya yang juga sudah membudayakan aktifitas menongkah,” tandas Bupati.

Seusai penyerahan sertifikat yang disertai sambutan, Bupati Inhil pun melepas para peserta menongkah untuk berlomba – lomba menjadi yang tercepat.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal yang turut hadir menyaksikan Festival Menongkah mengatakan, Festival Menongkah yang telah dikukuhkan menjadi warisan budaya memang telah menjadi destinasi wisata yang menarik.
Masyarakat berbondong – bondong untuk menyaksikan khazanah daerah kawasan pesisir Kabupaten Inhil yang telah diselenggarakan selama 11 tahun berturut – turut ini.
“Festival Menongkah memiliki diferensiasi (Perbedaan, red) yang tinggi, sebab tidak dilaksanakan di daerah lainnya di Provinsi Riau,” ungkap Fahmizal seraya mengatakan sertifikat WBTB Kemendikbud hanya diberikan terhadap 11 warisan budaya daerah, salah satunya Festival Menongkah.
“Serukan ke dunia Inhil punya Festival Menongkah. Tarian Menongkah Kerang harus kita kemas secara rapi dan kita dilestarikan," ucap Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan. "Sangat unik sekali dan luar bisa dalam penyelenggaraan. Festival ini hanya ada di Inhil, Pantai Bidari, Tanjung Pasir," ujar Bupati.
"Saya minta tarian menongkah juga dilestarikan, kalau bisa kita serukan ke dunia. Dan juga kita minta, tarian, lomba-lomba menongkah dikemas secara rapi, jadi orang tahu seperti apa itu menongkah kerang," pinta Bupati.
Pantai Bidari memiliki luas sekitar 70 hektare dengan pertumbuhan kerang sangat pesat.
Festifal Menongkah Kerang ini sebenarnya mengangkat budaya masyarakat Suku Laut Inhil,yang juga dikenal dengan Suku Duano. Tradisi unik ini berlangsung secara turun menurun dan bertahan hingga kini.
Menongkah berasal dari kata tongkah adalah papan untuk tumpuan (titian) biasanya dipasang ditempat becek atau basah.
Suku Duano menggunakan tongkah sebagai alat bantu yang tergolong unik yang digunakan untuk mencari/menangkap kerang.
Menongkah kerang adalah teknik Suku Duano dalam menangkap kerang di padang lumpur.
Kegiatan ini adalah dengan menggunakan sebilah papan sebagai tumpuan sebelah kakinya dan tempat mengumpulkan kerang yang telah didapatkan.
Sementara sebelah kakinya lagi adalah sebagai pengayuh tongkah.
Sebuah tongkah biasanya terbuat dari belahan kayu besar dalam keadaan utuh, tetapi tidak jarang juga tongkah terdiri dari gabungan dari belahan papan.
Panjang tongkah rata-rata 2-2,5 meter dengan lebar 50-80 cm dan ketebalan 3-5 cm.
Tongkah umumnya terbuat dari jenis kayu Pulai dan Jelutung atau kayu lain. Kedua ujung tongkah berbentuk lonjong (lancip) dan melentik ke atas.
Hal ini dimaksudkan agar pergerakannya dapat lancar dan bila kurang melentik seringkali tongkah menghunjam ke dalam lumpur. (adv/Diskominfops)
 

COMMENTS

Nama

advetorial,42,advetorial.inhil,1,atuna,1,batam,49,bintan,4,bola,2,daerah,88,daerah. inhil,1,daerah.bintan,1,daerah.inhil,1,daerah.medan,1,daerah.tanjabbarat,2,dunia,24,ekonomi,18,headaline,1,headlie,2,headline,156,headline. daerah. inhil,1,headline.daerah,1,headline.daerah.tanjabbarat,2,headline.daerah.tanjungpinang,1,headline.hukum,1,hesdline,2,hot,4,hukum,83,ihil,1,inhi,2,inhil,52,inhu,1,jambi,2,karimun,1,kepri,12,lipsus,5,lpas,1,nasional,15,natuna,12,olahraga,1,pekanbaru,3,politik,10,rokok,1,tanjababarat,1,tanjabbarat,19,tanjungpinang,5,teknologi,2,wisata,2,yanjabbarat,1,
ltr
item
KabarInvestigasi.com - Menulis Berita dengan Data Akurat: Festival Menongkah di Inhil Dikukuhkan Sebagai WBTB
Festival Menongkah di Inhil Dikukuhkan Sebagai WBTB
https://3.bp.blogspot.com/-NcJRO-qdQKQ/W3bepS3hX0I/AAAAAAAAAA0/VjuWoUQm-aYhnahSVMzr-Ibi9ElQzHqZQCLcBGAs/s640/manongkah.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-NcJRO-qdQKQ/W3bepS3hX0I/AAAAAAAAAA0/VjuWoUQm-aYhnahSVMzr-Ibi9ElQzHqZQCLcBGAs/s72-c/manongkah.jpg
KabarInvestigasi.com - Menulis Berita dengan Data Akurat
http://www.kabarinvestigasi.com/2018/08/festival-menongkah-di-inhil-dikukuhkan.html
http://www.kabarinvestigasi.com/
http://www.kabarinvestigasi.com/
http://www.kabarinvestigasi.com/2018/08/festival-menongkah-di-inhil-dikukuhkan.html
true
5647501549852994703
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA: BERITA ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA maaf berita yang dicari tidak ditemukan KEMBALI Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy