Menantikan 'Nyali' Mabes Polri dan Dijen BC Menangkap Rokok Tanpa Cukai di Pulau Kijang Inhil Riau

BERITA LAIN:

Diperkirakan Puluhan Ribu Batang dalam Sebulan Rokok tanpa cukai Masuk Pelabuhan Pulaukijang, Miliaran Rupiah Pandapatan Negara Hilang."

Tembilahan.kabarinvestigasi.com. “Penyelundupan rokok ilegal atau rokok tanpa cukai ke kabaupaten Indragiri hilir Provinsi Riau melalui pelabuhan Pulaukijang Kecamatan reteh kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau, sudah berlansung bertahun-tahun, hingga mengakibatkan korban jiwa akibat kecelakaan speedbot yang membawa rokok tanpa cukai menabrak pompong nelayan. Namun, kasusnya tidak sampai ke meja hijau. Diselesaikan dengan secara kekeluargaan dengan memberikan santunan kepada pihak korban. Bernyalikah Mabes Polri dan Dirjen Bea dan Cukai menghentikan kegiatan penyulundupan rokok tanpa cukai di Pulaukijang Kecamatan Reteh Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau?” masyarakat menantikan.
                          
Demikian nada-nada klise yang dirangkum investigasi di Pulau Kijang Kecamatan reteh kabupaten Inhil Provinsi Riau saat melakukan penelusuran aktivitas bongkar rokok tanpa cukai di pelabuhan pulau kijang belum lama ini.

Salah seorang warga masyarakat sebut saja nama Ridwan (bukan nama sebenarnya) mengungkapkan, aktivitas bongkar rokok tanpa cukai di pelabuhan Pulau kijang bukan rahasia lagi dan bahkan sudah menjadi pemandangan warga masyarakat. Pasalnya, para oknum-oknum yang memasok rokok tanpa cukai seakan tidak menganggap adanya jajaran penegak hukum seperti jajaran kepolisian di Kecamatan reteh yang berkantor tidak jauh dari tempat pembongkaran rokok tanpa cukai, tepatnya di daerah Pulau Kijang yaitu Polsek Kecamatan reteh kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. “ rokok-rokok tanpa cukai bebas diangkut dengan menggunakan kendearaan roda tiga yang disebut warga Viar ke tempat penimbunan di salah satu gudang atau ruko yang yang ada tidak jauh dari pelabuhan tempat pembongkaran”, ujarnya sambil mengisap rokok putih tanpa cukai.

Lelaki yang mengaku berprofesi pedagang itu melanjutkan, dengan bebasnya pembokaran rokok tanpa cukai di pelabuhan Pulau kijang, pihak aparat kepolisian yang bertugas di Kecamatan Reteh seakan membuka peluang bagi oknum-oknum yang berduit untuk melakukan aktivitas memasok rokok tanpa cukai. Pasalnya, tindakan dari jajaran kepolisian kecamatan reteh belum ada bahkan pemasok rokok semakin bertambah, ujarnya.

Wajar para oknum yang berkantong tebal tergiur memasok rokok tanpa cukai. Pasalnya, mereka berkeyakinan tidak akan ada tindakan hukum walaupun memasok rokok tanpa cukai yang syogiayanya rokok tanpa cukai tidak bolah beredar di luar daerah FTZ. Namun, karena tidak adanya tindakan dari aparat penegak hukum seperti kepolisian baik jajaran kepolisian di Kecamatan Reteh, Polres Inhil dan Jajaran kepolisian Polda Riau dan Bea Cukai Tembilahan maupun Bea Cukai Kanwil Riau, oknum-oknum tersebut dengan leluasanya memasok rokok tanpa cukai.

Padahal katanya menjelaskan, UU Nomor 39 tahun 2017 tentang cukai, pasal 54 menyebutkan barang siapa yang menjual atau menyediakan untuk dijual barang kena cukai yang tidak dikemas untuk  penjualan eceran atau tidak dilekati pita cukai  atau tidak dibubuhi tanda pelunasan cukai lainnya, dipidana dengan pidana penjara paling  singkat setahun dan paling lama lima tahun penjara. Atau, pidana denda paling sedikit dua kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar. Sedangkan pasal 56 menyebutkan setiap orang yang menimbun, menyimpan, memiliki, menjual, menukar, memperoleh, atau memberikan barang kena cukai yang diketahuinya atau patut harus diduganya berasal dari tindak pidana berdasarkan undang-undang, ini dipidana dengan pidana  penjara paling singkat setahun dan paling lama lima tahun.
Serta, pidana denda paling sedikit dua kali nilai cukai dan paling banyak 10 kali nilai cukai yang  seharusnya dibayar, “ Apakah UU No 39 tahun 2017 tentang Cukai tidak berlaku bagi oknum-oknum pemasok rokok tanpa cukai di pulaukijang Kecamatan Reteh kabupaten Inhil Provinsi Riau. Atau, kemungkinan UU tentang Cukai mandul dengan kelihaian para oknum-oknum mengkondisikan para penegak hukum”, ujarnya dengan nada bertanya.

Mengapa penyelundupan marak? Alasannya sudah jelas, karena keuntungannya sangat besar. Sebab dengan praktik penyelundupan itu maka para pelaku terbebas dari pajak-pajak.
Maraknya aksi penyelundupan tentunya merugikan negara. Uang pajak yang seharusnya menjadi potensi pemasukan negara ternyata loose. Tentunya ini harus diantisipasi dan terus diminimalisir. Jika penyelundup dapat melakukan apa saja, agar bisa menjalankan aksi penyelundupan, maka pemerintah juga harus berani melakukan apa saja demi bisa meminimalisir penyelundupan.

Kejujuran petugas di lapangan, baik itu Bea Cukai, Pol Air, Angkatan Laut dan instansi berwenang lainnya juga merupakan salah satu modal utama untuk meminimalisir praktik penyelundupan. Tanpa adanya SDM yang jujur maka sistem dan peralatan secanggih apapun akan percuma, karena  kunci utamanya ada pada SDM yang menjalankannya. Artinya betul-betul menegakkan hukum, bukan untuk tujuan pribadi dan tujuan sempit lainnya.

Kapolsek reteh saat dikonfirmasikan dengan mengirimkan pesan singkat ke ponselnya belum lama ini tidak menjawab. Juga kanit reskrim Polsek Reteh saat dikonfirmasikan dengan mengirimkan pesan singkat ke ponselnya juga tidak menjawab. Hingga berita ini dituliskan keterangan dari kapolsek reteh dan kanit Rskrin Polsek reteh belum diperoleh, padahal keterangan dari kapolsek dan kanit Polsek reteh sangat penting sebagai perimbangan penulisan berita.  Dengan ketertutupan kapolsek reteh dan kanit Reskrim Polsek Reteh kabupaten Inhil provinsi Riau semakin menguatkan dugaan kapolsek dan kanit Reskrim Polsek reteh menerima upeti dari para oknum-oknum pemasok rokok tanpa cukai di Pulaukijang Kecamatan Reteh, sehingga peredaran rokok tanpa cukai bebas tanpa ada tindakan.

Ditempat terpisah kapolres indragiri hilir Provinsi Riau AKBP Christian Rony Putra saat dikonfirmasi dengan mengirimkan pesan ke ponselnya mengatakan, akan menurunkan tim ke Pulaukijang Kecamatan reteh, jika benar akan ditindak sesuai hukum dan juga akan berkoordinasi dengan pihak Bea dan Cukai Tembilahan.

Kapolda Provinsi Riau saat dikonfirmasi melalui konfirmasi tertulis yang dikirimkan kepada kapolda Riau Irjen Nandang dengan nomor surat 0234/KT-Inv/VIII/2018 tertanggal 10 Agustus 2018 ditujukan Kepada kapolda Riau Irjen nandang di mapolda Riau Jl sudirman 235 Pekanbaru Provinsi Riau belum menjawab. Hingga berita ini dituliskan keterangan dari kapolda Riau Irjen nadang belum diperoleh padahal keterangan dari Nandang selaku kapolda Riau sangat penting sebagai perimbangan penulisan berita.

Sementara Bea Cukai Tembilahan pada sutu kesempatan kepada investigasi saat dikonfirmasi terkait maraknya rokok tanpa cukai di Pulau Kijang yang diduga segaja dibiarkan membantah, “ Pihak Bea Cukai Tembilahan tidak membiarkan bebasnya rokok tanpa cukai di Pulaukijang Kecamatan reteh”, ujarnya melalui surat tertulisnya. Namun, hingga saat ini belum ada tindakan dari pihak Bea dan Cukai Tembilahan terhadap bebasnya bongkar rokok tanpa cukai di pelabuhan pulaukijang.

Menurut warga masyarakat yang dijumpai investigasi di pulaukijang, bukan susah pihak aparat penegak hukum seperti jajaran Kepolisian di kecamatan Reteh, polres Inhil, maupun Polda Riau dan Bea Cukai Tembilahan untuk menghentikan aktivitas masuknya rokok tanpa cukai di pelabuhan Pulaukijang. Karena spedbot yang mengagkut rokok tanpa cukai dengan terang-terangan membongkarnya di pelabuhan. “ Jika pihak aparat penegak hukum polisi dan Bea Cukai ada niat untuk menindaknya cukup hanya stand bay di pelabuhan Pulaukijang, peredaran rokok tanpa cukai bisa ditertibkan atau ditangkap”, ujar salah seorang warga masyarakat disekitaran pelabuhan Pulaukijang.

Menurutnya, aparat penegak hukum di wilayah Provinsi Riau kemungkinan sudah diokondisikan oknum-oknum pemasok rokok tanpa cukai sehingga mereka tidak lagi menghiraukan sanksi yang ditegaskan dalam UU Nomor 39 tahun 2017 tentang cukai, ujarnya denga meminta identitasnya jangan dikorankan. (red/bersambung)

COMMENTS

Nama

advetorial,42,advetorial.inhil,1,atuna,1,batam,49,bintan,4,bola,2,daerah,91,daerah. inhil,1,daerah.bintan,1,daerah.inhil,1,daerah.medan,1,daerah.tanjabbarat,2,dunia,24,ekonomi,18,headaline,1,headlie,2,headline,160,headline. daerah. inhil,1,headline.daerah,1,headline.daerah.tanjabbarat,2,headline.daerah.tanjungpinang,1,headline.hukum,1,hesdline,2,hot,4,hukum,84,ihil,1,inhi,2,inhil,53,inhu,1,jambi,2,karimun,1,kepri,12,lipsus,5,lpas,1,nasional,15,natuna,13,olahraga,1,pekanbaru,3,politik,10,rokok,1,tanjababarat,1,tanjabbarat,20,tanjungpinang,5,teknologi,2,wisata,2,yanjabbarat,1,
ltr
item
KabarInvestigasi.com - Menulis Berita dengan Data Akurat: Menantikan 'Nyali' Mabes Polri dan Dijen BC Menangkap Rokok Tanpa Cukai di Pulau Kijang Inhil Riau
Menantikan 'Nyali' Mabes Polri dan Dijen BC Menangkap Rokok Tanpa Cukai di Pulau Kijang Inhil Riau
https://2.bp.blogspot.com/-eQSipvWitBw/W3bf-wrB9iI/AAAAAAAAABA/RRvVFW8n7podSoaeMO7bt7NZ39TKjxZHwCLcBGAs/s640/rokok%2Bilegal.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-eQSipvWitBw/W3bf-wrB9iI/AAAAAAAAABA/RRvVFW8n7podSoaeMO7bt7NZ39TKjxZHwCLcBGAs/s72-c/rokok%2Bilegal.jpg
KabarInvestigasi.com - Menulis Berita dengan Data Akurat
http://www.kabarinvestigasi.com/2018/08/menantikan-nyali-mabes-polri-dan-dijen.html
http://www.kabarinvestigasi.com/
http://www.kabarinvestigasi.com/
http://www.kabarinvestigasi.com/2018/08/menantikan-nyali-mabes-polri-dan-dijen.html
true
5647501549852994703
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI UNTUK ANDA: BERITA ARCHIVE SEARCH SEMUA BERITA maaf berita yang dicari tidak ditemukan KEMBALI Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy