Pemko Batam Bantu Korban Puting Beliung, Rumah Rusak berat Rp 5 juta dan Rusak Ringan Rp 2 juta

BERITA LAIN:

Batam.kabarinvestigasi.com. Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mengalokasikan dana sedikitnya Rp132 juta untuk korban puting beliung yang merusak 72 rumah di Kecamatan Batuaji dan Sekupang pada akhir pekan lalu.

"Untuk rumah yang rusak berat pemerintah bantu masing-masing Rp5 juta dan rusak ringan masing-masing Rp2 juta," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad usai meninjau korban puting beliung, Senin.

Puting beliung merusak puluhan rumah di Perumahan Jupiter Kecamatan Batuapada Jumat (31/8) dan Pemukiman di Tanjungriau Kecamatan Sekupang pada Minggu (1/9).

"Total bantuan belum dihitung, masih di data. Untuk di Sekupang saja, ada 5 rumah rusak berat, masing-masing mendapat Rp5 juta dan 54 rumah rusak ringan, masing-masing Rp2 juta. Itu belum yang di Kecamatan Batuaji," kata dia.

Ia mengatakan pemerintah langsung mengerahkan Dinas Sosial, Dinas Cipta Karya, Dinas Bina Marga dan Dinas Pemadam Kebakaran untuk membantu warga saat kejadian.

Korban juga langsung dievakuasi ke rumah tetangga atau keluarga terdekat, sambil menunggu perbaikan rumah.

"Pemerintah juga memberikan bahan makanan, selimut dan tikar. Langsung dibantu ke warga," kata dia.

Wakil Wali Kota berharap masyarakat korban puting beliung tetap memiliki optimisme dan bersemangat melanjutkan hari-hari berikutnya.

Ia mengajak masyarakat melihat hikmah dari bencana itu, bahwa warga kota masih memiliki rasa solidaritas yang tinggi, saling bantu dan bergotong royong.

"Kami maknai sebagai bagian solidaritas. Spirit itu yang paling penting," kata dia.

Mengenai total kerugian warga, ia mengatakan belum menghitung, namun secara kasar, setiap rumah mengalami kerugian 20 persen dari nilai rumah.

Korban puting beliung Perumahan Jupiter, Riyen memperkirakan merugi jutaan. Mengingat, atap rumahnya habis diterbang angin kencang.

Rumahnya kini kosong, karena seluruh barangnya diungsikan ke rumah kosong di perumahan itu juga, atas izin RW.

Saat kejadian, atap rumah sempat mengenai kepala ibu dua anak itu, juga bahu anak pertamanya.

"Untung anak kedua yang berumur 3 bulan sedang saya gendong, jadi tidak apa-apa," kata dia. (ant)