Polda Kepri Musnakan 1 Kg lebih Narkoba Jenis Sabu

BERITA LAIN:

Batam.kabarinvestigasi.com. Polda Kepri musnahkan barang bukti narkoba jenis sabu 1 Kg Selasa (25/9/2018) di Mapolda kepri.

Siara pers kabid Humas Polda kepri yang diterima redaksi Selasa (25/9/2018) mejelaskan, barang bukti dari penangkapan dua tersangka, RB dan RM, awal September lalu di dua lokasi kawasan Batam Centre.

Saat itu diamankan satu bungkus plastik berisikan sabu seberat 1.100 gram yang telah disisihkan seberat 33,2 gram untuk pemeriksaan Labfor. Selain itu juga sudah disisihkan 2 gram untuk pembuktian perkara dan sisanya dimusnahkan.

"Sabu yang kita musnahkan seberat 1064,8 gram dengan cara direndam dengan air panas," ujar Kepala Bagian Wasidik Ditresnarkoba Polda Kepri AKBP I Dewa Nyoman ASN, Sik.

Kedua tersangka merupakan Anak Buah Kapal (ABK) kapal ferry Batam Johor rute Pelabuhan Batam Centre Stulang Laut. Keduanya mengaku telah lima kali membawa sabu dari Malaysia masuk ke Indonesia melalui Batam dengan diupah sejumlah uang. 

"Upah mereka bervariasi tergantung barang bawaan, dari Rp25 juta sampai Rp30 juta," ujarnya.

Menurutnya, nilai sabu yang diamankan tersebut seharga Rp 1 Miliar lebih. Kedua tersangka ini dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) dan Pasal 112 (2), juncto Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Ancaman bisa sampai pidana mati, atau pidana penjara seumur hidup atau pidana paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun," tukasnya. (humas)