Polda Kepri Tangkap Dua Pengedar Ganja di Batam

BERITA LAIN:

Batam.kabarinvestigasi.com. Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kepri membekuk dua pengedar narkotika jenis Ganja di Kota Batam, beberapa hari yang lalu. Dari tangan kedua tersangka petugas berhasil menyita daun ganja seberat 100 gram lebih.
Siaran pers kabid Humas Polda kepri S Erlangga yang diterima redaksi kamis (27/9/2018) menjelaskan, Ditresnarkoba Polda Kepri, Kombes Pol K Yani Sudarto, mengatakan kedua tersangka dibekuk pihaknya berdasarkan informasi dari masyarakat yang ditindaklanjuti dengan penyelidikan.
“Dari penyelidikan kami ketahui identitasnya. Kemudian anggota menyamar menjadi pembeli, hingga akhirnya kami berhasil menangkap pelaku,” ujar Yani.
Dikatakan Yani, tersangka yang pertama kali dibekuk pihaknya yakni DA. Pria tersebut diamankan anggota yang menyamar sebagai pembeli barang haram itu di kawasan simpang SPBU Tiban III, pada (21/09) sekitar pukul 21.30 WIB.
“Dari tangan DA ini kami dapatkan 70 gram daun ganja yang dibungkus kertas nasi warna coklat dan dibalut dengan lakban warna hitam,” ujar Yani.
Dikatakan Yani, dari hasil intrograsi terhadap DA. Barang haram itu diperolehnya dari IT. Pihaknya pun kemudian minta DA agar menghubungi IT dengan alasan ingin membeli ganja 1 ons.
“Dari pengembangan itu, kami akhinrya berhasil menangkap IT di rumahnya di Tiban III. Dari tangan IT, kami berhasil menemukan dua paket ganja seberat 20,40 gram yang disimpannya disaku celana yang dipakainya saat itu,” kata Yani.
Dari hasil pemeriksaan terhadap IT, jelas Yani, narkoba jenis daun ganja itu di dapatnya dari DY yang saat ini sudah ditetapkan sebagai DPO.
Ditambahkan Yani, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Kedua tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat (1) dan atau pasal 111 ayat (1) junto pasal 132 ayat (1) undang – undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.
“Mereka berdua terancam hukuman penjara 20 tahun penjara dengan denda Rp 10 miliar,” pungkasnya. (humas)